Pasang Iklan Anda Disini

Share This Post

Kabar / Wisata

Kapas Siap Jadi Argopolitan Salak

Kapas Siap Jadi Argopolitan Salak

Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu desa yang memiliki perkebuanan salak terluas di Bojonegoro.  Di sepanjang jalan desa, setiap gang-gang dapat kita jumpai perkebunan salak, dan hampir di setiap lahan perkarangan warga ditumbuhi pohon salak.

Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 27 November 2015 Pemerintah Kabupaten Bojonegor, berencana mengembangkan Kecamatan kapas, menjadi agropolitan salak, dengan wisata petik langsung, dengan ditunjang berbagai produk olahan berbahan salak.

Selain perkebunan salak pemkab dan pemdes juga berencana menyediakan wisata penunjang seperti wisata kuliner, pusat oleh-oleh berbahan dasar salak, mulai jenang, manisan, wingko salak, juga lainnya.

Di Kecamatan Kapas, ada 10 desa yang memiliki potensi tanaman salak yaitu Desa Wedi, Tanjungharjo, Kalianyar, Tapelan, Padangmentoyo, Bangilan, Sembung, Bendo, Klampok dan Kedaton, yang memiliki potensi tanaman salak. tercatat ada 105.070 pohon salak, dengan luas 75,05 hektare.

Permasalahan utama yang menghambat pengembangan kawasan agropolitan salak di sejumlah desa di Kecamatan kapas, di antaranya, kesadaran masyarakat yang masih lemah dalam pengembangan desa wisata.

Selain itu, juga belum ada jaminan pelaksanaannya bisa berkelanjutan, disebabkan pengaruh musim, yaitu pengairan untuk mencukupi kebutuhan tanaman salak ketika kemarau.

Saat musim kemarau di satu lingkungan saja ada sekitar 100 warga yang memiliki kebun salak tidak bisa memperoleh air untuk mengairi tanaman salaknya. Air sumber di Desa Ngunut, Kecamatan Dander, sekarang tidak bisa menjangkau kebun salak

Meski demikian, penghasilan warga yang memiliki kebun salak tidaklah kecil. pendapatannya bisa mencapai Rp100 juta per tahunnya. dari hasil yang di jual sendiri atau dibeli pedagang.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Register